Dampak dari Perkosaan Terhadap Anak Perempuan

Sebagai keluarga haruslah mengasihi dan mengayomi. Utamanya sebagai seorang ayah yang menyayangi anak-anaknya. Tugas seorang ayah adalah menjaga dan merawat anaknya. Ayah yang seharusnya dipandang sebagai pahlawan oleh anak-anaknya, tidak seharusnya melakukan tindakan tercela dihadapan sang anak ataupun kepada anaknya sendiri. Karena sang anak adalah seorang yang menyayangi dan melindunginya pasti akan jadi panutan sang anak. Melakukan tindakan kekerasan didepan anak juga bisa menimbulkan dampak pada psikis anak, padahal segala sesuatu yang dilakukan didepan anak akan menjadi pemicu psikis anak terganggu. Sebagai seorang ayah yang selalu jadi panutan dan pelindung tentu melakukan tindakan pemerkosaan terhadap anak merupakan aib tersendiri. Dengan ini tugasnya sebagai seorang ayah pun gagal, karena tindakannya sendiri.

Contoh salah satu pemerkosaan yang dilakukan oleh seorang ayah dan kakak laki-lakinya terhadap anak tiri dari sang istri. Ini pernah diberitakan disalah satu stasiun tv. Bagaimana seharusnya keluarga mengayomi dan melindungi, malah merusak psikis dari seorang gadis yang sudah menganggap sang ayah dan kakak sebagai pelindungnya malah berbuat rendah pada dirinya. Sebagai seorang korban tentu dia merasa direndahkan dan dihianati oleh keluarganya sendiri. Pandangan masyarakat terhadap dirinya juga akan berubah. Dirinya akan dipandang rendah dan kotor, karena sudah tidak suci lagi. Dalam kasus ini peran ibu dari sang anak juga patut disalahkan, karena sebagai seorang ibu tidak seharusnya terlalu mempercayakan anak gadisnya kepada seseorang walaupun kepada ayah tirinya sendiri. Semua ini sangat membebani sang anak gadis, karena kehidupannya akan berubah disebabkan oleh kejadian yang menimpa dirinya dan merusak nama baiknya

Dampak yang didapatkan oleh sang anak antara lain, psikis anak yang labil dapat membuat kejiwaannya terganggu. Anak akan depresi dan menjadikannya ingin keluar dari masalah dengan cara mengakhiri hidupnya. Selain berdampak pada psikinya, juga pada moral anak itu sendiri. Karena sudah merasa kotor, sang anak berpikir mungkin lebih baik dia menjerumuskan diri kepada hal-hal yang berhubungan dengan sex. Sang anak bisa saja berpikir akan menjual dirinya yang terlanjur kotor untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Bagi mereka yang tidak kuat dengan cacian sekitar bisa terkena gangguan kejiawan yang berakibat kegilaan. Tidak akan mudah percaya akan sekitarnya, sepertti keluarga, kerabat ataupun teman. Selalu merasa semua yang ada disekitar mereka adalah musuh yang akan mencari cela untuk menyakiti dirinya. Dampak-dampak ini diderita sang anak tidak lebih untuk menjaga diri dari peristiwa yang pernah dialami sang anak.

Dampak dari Perkosaan Terhadap Anak Perempuan

Dokter Psikolog dari https://homebetqq.com mengatakan bahwa seorang anak yang pernah diperkosa maka akan mengalami goncangan kejiwaan dan trauma akan setiap kejadian yang pernah dialami sang anak dalam jangka waktu yang panjang. Sang anak tidak ingin apa yang telah terjadi terulang untuk kedua kalinya kepada mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *