RCCMSC

ArtikelBlogKasus

6 Terapi Hati Bagi Para Korban Pelecehan Seksual

6 Terapi Hati Bagi Para Korban Pelecehan Seksual – Sangat sulit sekali ketika kita melihat orang lain bahkan mungkin keluarga terdekat yang menjadi korban pelecehan seksual. Sebab hal tersebut tidak hanya memberikan rasa luka bagi mereka, melainkan kita sebagai pihak ketiga pun akan merasakan kekecewaan yang terlalu berlebihan. Kasus tersebut tak hanya terjadi satu kali atau beberapa kali, melainkan sering kali terjadi dari bulan ke bulan hingga tahun ke tahun.

Rccmsc – Sejatinya korban pelecehan seksual masih bisa keluar dari masa – masa sulit jika mereka mau memerangi rasa takut. Karena pastinya kehilangan jati diri merupakan hal yang paling tidak bisa dibenahi. Selain melaporkan kepada pihak yang berwajib, tentu masih banyak cara untuk melakukan terapi hati atas kejadian itu. Dan berikut ini merupakan beberapa kajian lengkapnya, yaitu;

1. Berhenti Menyalahkan Diri Sendiri
Memang tidak mudah melupakan kejadian pelecehan seksual baik dilakukan satu kali atau beberapa kali. Karena hal tersebut akan selalu membekas pada diri. Maka dari itu berhenti untuk terus menyalahkan diri sendiri. Walau pada kenyataannya rasa tersebut masih terpendam, namun mencari hiburan, edukasi dan hal – hal positif lainnya bisa melenyapkan trauma. Karena setiap orang bisa berubah kapan saja. Dan itu artinya peluang untuk menggapai impian yang terpendam masih bisa diwujudkan entah berjalan cepat atau lambat.

2. Miliki Teman Dekat Untuk Berbagi Cerita
Terapi hati yang berikutnya yaitu memiliki teman dekat untuk saling berbagi cerita dan pengalaman. Karena biasanya seorang teman memang selalu tahu baik buruknya pribadi seseorang. Dalam hal ini para korban pelecehan seksual harus pandai memilih mana teman yang layak untuk dijadikan rekan curhat. Karena jika salah pilih teman, maka semua saran dan masukan yang diberikan tampak sia – sia. Karena bisa jadi mereka malah semakin memperkeruh suasana.

3. Ciptakan Suasana Damai dan Tenang
Sementara itu menciptakan suasana damai dan tenang memang sangat perlu dilakukan. Apa tujuannya? Karena ketenangan alam bisa mendewasakan beban pikiran. Pada hakikatnya, alam yang indah akan memberikan dampak bagus bagi setiap orang yang pada saat itu tengah mengalami sejumlah masalah besar. Faktanya pusat pikiran mereka akan selalu tertuju pada hal – hal yang berbau positif. Sehingga rasa untuk mengalahkan trauma seksual bisa teratasi dengan cepat dan mudah.

6 Terapi Hati Bagi Para Korban Pelecehan Seksual

4. Lebih Menggali Potensi Diri
Di sisi lain lebih menggali potensi diri tidak boleh dilupakan. Sebab setiap orang memiliki potensi yang berbeda – beda, sekalipun orang tersebut tidak memiliki pendidikan yang cukup dalam menjalani hidup. Bagi korban pelecehan seksual, mereka bisa melihat seberapa besar untuk kembali ke jalan yang penuh tujuan. Walaupun muncul kabar tak sedap dari berbagai arah, namun hal tersebut tidak perlu dijadikan penghalang untuk terus maju. Karena jika keadaan ini bisa dilakukan secara bijak, rasa trauma mereka akan lenyap tanpa butuh waktu lama.

Baca juga : Dampak Buruk Korban Penderita Trauma Pelecehan Seksual

5. Konsultasi Dengan Pakar Psikolog
Dan terapi hati yang sangat disarankan lagi yakni konsultasi dengan pakar psikolog. Mereka sangat paham bagaimana cara mengatasi masalah pribadi semua orang yang berhubungan dengan trauma masa lalu hingga pelecehan seksual. Walau saran mereka tidak terlalu banyak, namun hal tersebut berarti besar untuk kepentingan masa depan. Baiknya melakukan hal ini harus teratur agar bisa menjauhkan diri dari kejadian buruk dan mampu menciptakan potensi masa depan yang jauh lebih baik dari impian sebelumnya.

Please follow and like us: